Special Thanks to

Special Thanks to
Klik dan ke website ini

My Russian Name is Aleksandr Kirilenko.
Take Russian Name Generator today!
Created with Rum and Monkey's Name Generator Generator.

Aves|Corp| Aves|Corp| Aves|Corp| Aves|Corp| Aves|Corp|
Welcome in my blogger Semua ada disini

Rabu, 01 Desember 2010

Sebuah kisah

Perjalanan Teman SMP Ku
“Eh, ditya! Tunggu aku! Lo mau kemana?” teriak aku sambil berlari mengejar ditya.  Eh, dia nya malah ngacir ninggalin aku yang masih bengek.         Ditya  adalah temen sekelas aku, di SMP TARUNA BANGSA. Sekarang kita sedang duduk dikelas sembilan. 
Sebelumnya, kenalkan nama aku Hogi. Aku baru temenan satu tahun ama ditya. Dia anak pindahan dari Solo, aku engga tau jelas dia pindah kenapa, apa karena kebanjiran, gunung meletus atau tsunami aku juga engga begitu faham. Yang jelas dia pindah karena ikut papanya, kata dia sih begitu.  Kebetulan kita juga tetanggaan, jadilah kami sebagai sahabat.              Cuma, akhir-akhir ini ditya aneh! Dia suka balik cepat, jarang ada di rumah, engga punya waktu lagi buat main barang sebentar ama aku. Otomatislah aku jadi bingung sendiri. Kenapa tiba-tiba Ditya berubah. Karena penasaran, aku berniat buat nyelidikin dia.                                                                                                 Aku ngajakin Nana, temen aku juga. Kita bertiga temenan, Cuma nana engga terlalu deket ama Ditya, berhubung dia temen aku juga makanya dia ikut temenan ama Ditya. Aku juga engga ngerti, si Ditya agak merasa sumpek ama Nana. Kalau aku perhatiin, si Nana pun demikian.                                            Jadilah hari itu, aku, Nana, ama supirku ngikutin Ditya. Ditya terlihat sangat terbutu-buru, aku yang ngeliat dari dalem mobil,karena Ditya masuk kegang-gang sempit, aku ama  Nana kepaksa turun dari mobil buat ngikutin Ditya.       Aneh, bukan apa-apa! Kita ngeliat Ditya lagi ngomong dengan ibu-ibu, walaupu agak terlihat lusuh dengan pakaian dan tempat yang kurang layak, si Ibu memeluk Ditya sambil menangis. Macem-macem sangkaku ama Ditya, jangan-jangan itu adalah ibunya Ditya?                                                                                      “hiks, siks, hiks” nah loh kok?? itu bukan aku yang menangis,tetapi, itu adalah suara orang menangis, dan ternyata! “ya ampun, Na ! lu kenapa nangis”,ucapku . “Si Nana tiba-tiba nangis, ntar ku di sangka berbuat kriminal”, celotehku. Si Nana lari, aku bingung, mau ikutan lari atau tetep melihat si Ditya. Akhirnya, aku mutusin mengejar Nana, dan bodohnya lagi, Ditya tau kalau kita lagi ngikutin dia. Dia juga ikutan lari nyusul aku ama Nana.                              Suasana hening, Nana masih belum diam dari tangisannya. Aku bingung harus ngapain, walaupun aku udah temenan lama sama Nana, aku engga begitu faham dengan maslah pribadinya dia, karena Nana anaknya tertutup dan sangat pendiam. Cuma sama aku dia agak banyak ngomong,  dia cuma ketawa karena dengerin kinerja otak ku yang lebih sering meleset daripada benernya. Ditya mulai angkat bicara,                                                                                          “lu kenapa musti ngikutin aku gi?” tanyanya sama aku.                                “yee, lu geer! Aku engga ngikutin lu, aku Cuma lagi nyari alamat bibi aku, rumahnya di daerah sini “ ucapku dengan memasang muka datar                      “terus si Nana kenapa nangis? lu ngapain dia ?”                                     “wah gawat  dah, aku malah kena marah  si Ditya. “udah deh, mending kita balik, ngomongnya di mobil aku aja”, ajak ku, dan syukurlah mereka nurut. Tapi, ternyata salah ,Nana malah bicara  duluan, “engga usah gi! Ku di sini aja, rumah aku di daerah sini” kata Nana. Aku turut bingung karena ternyata rumah Nana di daerah sini                                                                                                     Nana turun dari mobil aku, dan dia lari tepat ke arah rumah yang tadi di datangin ama Ditya. Aneh, aku jadi ikutan ngejar nana. Sekali lagi, sekarang Nana malah meluk ibu yang tadi di peluk Ditya. Waw! Ada apa sebenarnya, aku tiba-tiba jadi bingung sendiri, pikiran aku apakah selanjutnya aku juga mesti memngikuti jejaknya Ditya ama Nana? Tapi aku batalkan niat diriku, takutnya ntar aku malah di pukul.                                                                              Masalah tidak selesai dalam satu hari itu, aku putuskan buat langsung pulang. Ditya udah pulang duluan, dan aku engga bisa bicara sama  dia lebih lanjut.
Besoknya di sekolah, aku enggak ketemu ama Ditya, dan Nana juga enggak masuk. Bukannya selesai, Nana malah ikut-ikutan menghilang. Di rumah Ditya juga engga ada, cuma ada bibinya. Dan aku berharap banyak ama bibinya . Menurut bibinya Ditya sedang dirumah sakit, tapi yang sakit buakan papanyanya. Ku langsung kerumah sakit yang dimaksud, untung saja data yang di sampaikan benar dan detail. Dan aku langsung menemukan Ditya di tempat yang di maksud, engga Cuma Ditya, di situ juga ada Nana dan Ibu yang kemarin . Ternyata ibu itu yang sedang sakit.                                                                                               Aku enggak ngerti kenapa ini bisa terjadi, kenapa Ditya begitu perhatian dengan ibu itu. Tiba-tiba papanya Ditya datang, dan menyeret Ditya dengan paksa untuk ikut pulang, padahal sebelumnya aku enggak pernah liat papanyanya berlaku kasar. Permasalahn semakin rumit dan susah . Aku cuman terpaku melihat mereka, Ditya di tarik-tarik papanya, Nana menangis si Ibu yang sedang sakit, ibu itu engga sadarkan diri.                                                                                       Satu kata yang jadi penting buat aku dari mulut Ditya adalah, “enggak papa, Ditya engga mau pulang, Ditya masih mau jagain mama ,Mama”? ucap papa Ditya .Siapakah yang di sebut mama oleh Ditya,apakah ibu itu mamanya Ditya? Lalu apakah itu juga ibunya Nana? Dan itu berarti Nana dan Ditya bersaudara.  Aku bener-bener bingung, dan enggak ada yang bisa aku tanyain buat ngejelasin ke aku, karena aku yakin kalau masalah yang mereka hadapin lebih susah, dan enggak ada waktu buat nyeritain ke aku. Berhubung ku orang yang sangat perhatian, ku menyimpan rasa penasaran aku. Aku cuma tutup muka saat kejadian itu. Dan aku bakal menunggu waktu yang tepat untuk nanya ke Ditya ataupun Nana.                                                                                              Sudah lewat seminggu, aku denger kabar ibu Nana meninggal karena penyakit hepatitis yang di deritanya. Dan ternyata, ibu itu adalah ibu yang sakit kemarin. Ternyata Ditya dan Nana saudara, dan orang tua mereka bercerai karena urusan yang sangat rahasia bagi mereka, tepat  saat Ditya dan Nana kelas enam SD, Ditya ikut papanya dan Nana ikut ibunya.                                                Walaupun udah pisah, papa Nana masih mau membiayai sekolah Nana. Itulah mengapa Nana bisa masuk SMP yang lumayan favorit dan lumayan elitlah. Tapi, untuk kehidupan sehari-hari berasal dari penghasilan ibu Nana sebagai pemulung.                                                                                                         Itulah sebabnya Ditya jarang ngomong sama Nana . Ditya baru mengetahui kalu dia satu kota dengan ibunya saat dia melihat poonsel papanya, ternyata orang tuanya masih berhubungan. Itu dilakukan ibu Nana demi Nana.Sejak itu aku ,Ditya dan Nana menjadi sahabat yang tidak pernah menyembunyikan masalah kami, dan kami menyelesaikannya secara kebersamaan.


Karya :Muhammad Adharamadinka

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Cuma mau bilang ada seseorang disini yg nungguin kamu gak taken lagi 😂

Posting Komentar

Space Iklan